Jumat, 17 Juni 2011

Masaak yok

calon penghuni surga




Di hari siang nan panas ini apalagi yang baru balik dari sekola ato ngantor pasti laperrr dongs.
kebetulan nih minggu lalu gue sempet bikin udang asam manis dan di bawah ini adalah bahan plus step cra buatnya. gue copas sodara-sodara hehe. soalnya baru pertama kali sih gue bikin udang asam manis terus pas gue browser resepnya eeeh dapeet nyang ini. tapi resepnya ada juga yg gue rombaak soalnya bikinan gue rada beda gituuh. hmm niatnya gue pengen banget bikin udang modelnya kaya gambar di atas, tp yah apa boleh buat, entar di akhir post-nya gue juga bakal mampang hasil dari masakan gue. 

Udang Asam Manis
 
Source : Buku ‘ A la Kaki Lima’ dari Primarasa
Bahan :
1 kg (18-20 ekor) udang besar
½ sdt garam
200 g margarin
2 cm jahe, cincang
2 batang daun bawang, iris 2 cm
2 buah tomat di potong seterah lo maunya pegimane
1-2 sdt tepung kanji, larutkan dalam 100 ml air(gue gapake)
3 kotak tahu di potong dadu (ini sih tambahan ane gan kalo ditanya kenapa pake tahu soalnya waktu itu udang gue dikit jd gue tambah aja tahu)

Saus : campur jadi satu
125 ml saus tomat botolan
1 sdm kecap asin(gue juga gapake yg ini)
2 sdm kecap manis
1 sdm air jeruk lemon

LANGKAH22nyaaa:
1. Bersihkan udang, belah punggungnya, keluarkan urat hitamnya. Biarkan kulit kepala dan ekornya. Lumuri udang dengan garam, sisihkan sebentar.

2. Panaskan margarin dalam wajan, masukkan udang, goreng hingga udang berwarna merah, angkat, tiriskan.
gitu juga sama si tahu dadu, kalo udah di goreng terus di tiriskan deh.

3. Panaskan kembali 5 sdm margarin bekas menggoreng udang, tumis bawang putih, jahe dan buah tomat sampai harum. Masukkan campuran saus dan daun bawang, aduk.

4. Masukkan udang goreng,tahu goreng, tambahkan sausnya aduk hingga semua bumbu sudah menyatu, angkat. Pindahkan udang ke dalam wadah saji, hidangkan selagi panas.

 gambar di bawah ini adalah hasil dari eksperimen gue
kalo di tanya soal rasa ? 
waduuh ga bisa menjamin deh bakal enak di lidah situ. intinya menurut gue udah lumayan buat pemula macem gue.

Buat pasangan sayurnya gue sih kemaren juga bikin sayur bening.
tapi sekali lagi seterah selera masing-masing deh.

udahan dulu posting kali imi, gue ngantuk gan =__=Zzz
see y ...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar